Categories

Admin's YM Status

Suported By:

Telkom Speedy

Telkom Flexi

Cahya Yamaha

Indocom

Pesta Blogger 09

Thanks for visit

webcounter
you're restylane'visit

Free Blog Content

Flash Clocks

music!

Labels


free info, music (mp3, wma, iTunes) , and many more in this box!!!

Selasa, 20 Januari 2009

Pelihara Donk!!! Otak Kita

Pelihara donk !!! otak kita

Gmana ciih . . .?! Caranya melihara otak kita?!

Temen . . . Knalin aku Imma. Aku pengen ngajarin gmana cara melihara otak!

Temen-temen pernah denger kalimat dibawah ini bukan . . .?

“Kalo ngomong kok nggak ngotak sih !!” Atou… “Otak loe, loe taruh mana ?”

Nah, biar otak kita ini nggak disalahin melulu . . , pelihara yuk otak kita !!

Seperti yang kita tahu, otak adalah organ tubuh manusia yang paling penting. Otak adalah sumber dari segala macam hal yang bakalan kita lakuin. Kalo dianalogikan kayak computer, otak adalah CPUnya (Central Processing Unit). Kalo nggak ada CPU, gmana caranya buat ngehidupin computer?! Kan sama sekali nggak ada gunanya donk itu computer! Begitu juga dengan tubuh kita. Kalo bagian dari organ otak kita ada yang rusak, bisa dec! dipastikan kalo fungsi tubuh kita ada yang tergangggu. Mau tahu hal-hal yang berhubungan dengan otak kita? Kebeti yaaac . . .

1. Sarapan pagi

sarapan penting banget nggak cuma buat perut, tapi justru penting buat otak. Kalo kita nggak sarapan, maka tekanan darah kita bakalan berada di level rendah. Hal ini bakalan menyebabkan pengiriman gizi alias zat-zat yang dibutuhkan ke otak nggak tercukupi. Makanya kalo temen-temen ke sekolah nggak sarapan, pasti rasanya lesu dan nggak segar. Soalnya fungsi otak nggak bisa optimal.

2. Kelebihan makanan

Makan berlebihan ngebikin saluran darah ke otak jadi tegang. Kebalikan dari

Nggak sarapan, tekanan darah bakal tinggi kalo kita kelebihan makan.

Konsekuensinya temen, saluran arteri otak selalu tegang dan keras bekerja.

sehingga menghambat oksigen naik ke otak. Makanya kalo kekenyangan

kita selalu ngantuk, kan? Karena otak nggak ngedapetin oksigen yang cukup.

3. Makan yang manis-manis

Terlalu banyak makan yang manis-manis akan mengganggu penyerapan protein dan nutrisi untuk otak. Karena otak kita mengalami malnutrisi alias kekurangan zat-zat yang berguna, maka perkembangan otak bakalan terganggu juga, donk !

4. Kurang tidur

Tidur memiliki fungsi mengistirahatkan otak kita. Kurangnya tidur dalam jangka waktu yang lama alias doyan bergadang, bisa mempercepat sel-sel otak kita yang cepat mati.

5. Kepala tertutup saat tidur

Kepala yang tertutup saat tidur bisa membuat zat karbondioksida yang dihasilkan oleh kita kembali terhirup. Karbondioksida yang kembali terhirup oleh kita jelas mengurangi konsentrasi oksigen, ke otak dan bisa menyebabkan kerusakan pada otak kita.

6. Nggak banyak mikir

Berfikir adalah cara yang paling mudah dan paling baik untuk melatih otak kita. Kalo otak kita nggak sering-sering dilatih, maka otak kita bisa mengalami pengerutan karena sering nggak berfungsi.

7. Merokok

Apa hubungannya otak dengan paru-paru? Ada banget! Merokok ternyata nggak Cuma mencemari paru-paru kita, tapi juga menyebabkan otak kita yang mengerut karena oksigen yang kurang porsinya di otak. Kalo kebiasaan merokok dalam jangka waktu yang lama, lama-lama kita bisa kena Alzheimer alias penyakit pikunan temen . . .

8. Polusi udara

Udara yang tercemar sama memberi efek seperti orang yang merokok.

Otak adalah organ tubuh yang paling memerlukan oksigen. Menghirup

udara yang berpolusi udah pasti mengurangi asupan oksigen ke otak. Hal

ini bisa bikin otak bakerja dengan nggak efisien.

9. Menggunakan otak saat sakit

Kadang kali kita sering nggak sadar dan memaksakan otak kita terus berfikir walaupun tubuh kita sedang sakit. Kalo kita tetap bekerja dan berfikir atou belajar selagi sakit, bakal ngebuat otak bekerja dengan nggak efisien dan melahan bisa merusak otak kita.

10. Jarang ngobrol

Apa hubungannya antara mulut dengan otak? Jelas ada dong! Berbicara pasti membutuhkan konsentrasi atas topik yang dibicarakan. Hal itu membuat otak kita untuk bekarja. Pembicaraan yang intelektual alias yang berbobot . . . bakalan mendorong kerja otak kita untuk bekerja secara efisien. Makanya mulai sekarang, tambah obrolan yang berbobot dan kurangi obrolan-obrolan panjang yang nggak penting ! Yacc…

Imma Dyah Putri Wulandari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar