Categories

Admin's YM Status

Suported By:

Telkom Speedy

Telkom Flexi

Cahya Yamaha

Indocom

Pesta Blogger 09

Thanks for visit

webcounter
you're restylane'visit

Free Blog Content

Flash Clocks

music!

Labels


free info, music (mp3, wma, iTunes) , and many more in this box!!!

Senin, 19 Januari 2009

Internet Mencerdaskan Anak Bangsa



Hai temen-temen semua namaku WASFIYAH SYAROF ( VIVI )disini aku pengen berbagi tentang tips membuat karya tulis dengan mudah dan tidak terlalu membingungkan. Aku cuma pengen berbagi ilmu sama temen – temen semua semoga saja ilmu yang sedikit ini berguna bagi kalian semua.

Tips membuat karya tulis dengan mudah dan tidak membingungkan:
  1. Pertama setelah kalian menerima formulir lomba karya tulis dari internet atau guru kalian, kalian jangan gugup karena gugup bisa membuat konsentrasi kamu buyar.
  2. Setelah kalian bisa menata diri kalian cari data sebanyak – banyaknya di internet atau melalui wawancara terhadap tema yang sudah di tentukan oleh panitia lomba.
  3. Setelah data – data terkumpul, ambil kesimpulan dari data tersebut sehingga kamu bisa menarik judul yang sesuai dengan tema.
  4. Setelah kalian tahu judulnya, kalian terlebih dulu merancang bab – bab apa yang akan kalian tampilkan di karya tulis itu. Tentunya kalian bisa ambil dari data yang ada sehingga memudahkan merancang selanjutnya.
  5. Jika kalian merasa data yang kalian dapat tidak cukup, kalian bisa cari lagi lewat internet tentunya, atau ke perpustakan terdekat.
  6. Setelah semua data yang kalian kumpulkan sudah cukup kalian tinggal menyalinnya ke komputer. SELESAI. Tinggal kita koreksi dengan guru jika sudah perfect kita KIRIM.

Nah dari tips – tips diatas kalian bisa mengerjakan karya tulis dengan tepat dan nggak membingungkan. Oke temen – temen semua, semoga tips dari saya akan bermanfaat bagi kalian semua.

Oleh karena itu aku pengen mengenalkan karya tulisku yang nggak seberapa bagus ini dan semoga saja bisa untuk panduan kalian semuanya.



SELAMAT MEMBACA






INTERNET
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF
GUNA MENCERDASKAN ANAK BANGSA



OLEH :
WASFIYAH SYAROF
KELAS : IX F
NO. INDUK : 5861


PEMERINTAH KABUPATEN TULUNGAGUNG
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 4 TULUNGAGUNG
2009




KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan Rahmat-Nya. Sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang di beri judul :” INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF GUNA MENCERDASKAN ANAK BANGSA”.

Karya tulis ini penulis buat dengan tujuan mengikuti lomba Blogger yang bertemakan : ”INTERNET MENCERDASKAN ANAK BANGSA”.

Ucapan terimakasih kepada :

1. Bapak Drs. Adji Purwanto MM, selaku bapak kepala SMP N 4 Tulungagung.
2. Ibu. Nur Khasanah, selaku pembina ekstra kurikuler KIR.
3. Kepada Ayah dan Ibu serta teman – teman yang kusayangi yang setia mendoakanku.

Penulis percaya bahwa penulisan karya tulis ini masih banyak kekurangannya oleh sebab itu kritik dan saran dari berbagai pihak akan penulis terima dengan senang hati.

Semoga karya tulis terkait lomba Blogger ini bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat Tulungagung maupun luar Tulungagung.




Tulungagung, 19 Januari 2009




Penulis















BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

Generasi muda Indonesia adalah generasi penerus bangsa. Sangat disayangkan jika waktu dan perhatian mereka tersita oleh game yang sekarang muncul hampir diseluruh daerah. Nyatanya lebih banyak anak yang membolos sekolah gara-gara sudah kecanduan terhadap aneka game yang marak sekarang.

Mereka adalah calon penerus bangsa yang sangat diharapkan, orang tua mereka telah membiayai dengan kerja keras, dengan pendidikan yang mahal dan buku-buku pelajaran yang mahal juga. Dari masalah inilah maka perlu adanya media pembelajaran alternatif guna mencerdaskan anak-anak bangsa yang telah dipengaruhi juga oleh game, salah satu contohnya yaitu ”INTERNET”, karena didalam internet terdapat berbagai ilmu pengetahuan mulai dari sekedar informasi sampai ilmu pengetahuan untuk pembelajaran para anak-anak bangsa.

Secara teknis materi yang diberikan oleh INTERNET sangat mudah dipahami dan sesuai dengan materi di sekolah. Para pelajar bisa bermain sambil belajar di internet yang luas, dengan belajar di Internet mereka tidak akan mudah merasa jenuh, sehingga ilmu yang mereka dapat akan mudah diingat. Karena belajar lewat internet itu menyenangkan.

Menatap masa depan berarti mempersiapkan generasi muda yang memiliki kecintaan terhadap pembelajaran. Karena internet bisa menjadi solusi belajar dan media alternatif untuk meningkatkan SDM dalam penguasaan teknologi komputer sehingga kita bisa menyiapkan tenaga handal di tengah kompetisi global. Mulailah dari diri sendiri untuk berbuat sesuatu guna mencitakan pendidikan yang murah karena menyangkut masa depan penerus bangsa.



1.2. RUMUSAN MASALAH
  • Bagaimana cara mengenalkan kepada anak akan manfaat Internet sebagai sarana pembelajaran alternatif.
  • Bagaimana cara menanggulangi dampak negatif dari Internet.

1.3. TUJUAN TULISAN
  • Menginformasikan kepada para orang tua tentang manfaat internetyang begitu besar sehingga orang tua terpacu untuk membelajarkan internet kepada anaknya. Karena dengan internet seorang anak akan mengembangkan potensi belajar dalam dirinya.
  • Memberitahukan cara menanggulangi dampak negatif yang ditimbulkan internet agar tidak menumbuhkan potensi jelek dalam dirinya.

1.4. MANFAAT TULISAN
  • Agar dapat meningkatkan SDM di Indonesia dan menumbuhkan penerus bangsa yang berkualitas.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1. PENGERTIAN DAN SEJARAH INTERNET

A. PENGERTIAN INTERNET

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Adapun beberapa pengertian internet seperti di bawah ini :

INTERNET :
  1. Merupakan sebuah rangkaian yang terbesar menghubungkan berjuta-juta komputer di seluruh dunia.
  2. Ianya merupakan sebuah rangkaian yang luas. (WAN)
  3. Mengunakan protokol TCP/IP untuk penghantaran data dan maklumat.
  4. Mengunakan talian komunikasi seperti kabel sepaksi dan fiber optik.
  5. Boleh mendapat maklumat,mencapai maklumat,berkomunikasi,berniagabelajar dan membeli belah dalam internet.
  6. Menyediakan perkhidmatan komunikasi data seperti pemindahan fail,mel elektronik dan kumpulan berita.
  7. Dapat mengekseskan pengguna kepada pengguna yang lain mengakses maklumat daripada laman-laman web yang terkandung di dalamnya.


B. SEJARAH INTERNET

Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet. Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan news group USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.


2.2. PENGENALAN INTERNET KEPADA ANAK

Sebagai orangtua, tentu kita ingin agar anak-anak maju dengan pengetahuan teknologi. Namun, kita pun sadar, teknologi bagaikan dua sisi mata uang, punya sisi positif dan negatif. Bagaimana menyiasatinya?

Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, mau tak mau membuat para orangtua harus mulai mengenalkan berbagai peralatan elektronik, baik itu teknologi digital, multimedia, hingga internet, kepada anak agar mereka mengerti dan bisa memanfaatkan teknologi sehingga siap menjadi sumber daya yang kompetitif di masa depan.
Tapi, maraknya pornografi yang dengan mudah menyusup ke berbagai peralatan teknologi kerap membuat resah para orangtua. Selain lewat situs internet, unsur pornografi juga dengan mudah bisa kita dapatkan lewat ponsel.

Pakar Telematika Indonesia, Roy Suryo, menyebutkan, kini situs-situs porno di internet memiliki alamat yang sama sekali tidak berbau porno. Tidak mustahil di sela pencarian bahan anak Anda untuk tugas sekolah mengenai serangga, misalnya, anak justru mendapatkan foto-foto atau adegan panas untuk orang dewasa.

Sebagaimana berbahayanya narkoba, orangtua semestinya juga menyadari pornografi tak kalah bahaya dalam menghancurkan masa depan seorang anak.
Roy Suryo berpendapat agar anak dikenalkan pada teknologi sedini mungkin. Mulai kapan anak sebaiknya dikenalkan pada teknologi? Lebih baik mulai mengenalkan anak-anaknya pada komputer sejak mereka berusia tiga tahun. Seperti dibelikan software pendidikan, seperti berkenalan dengan matematika.

Anak boleh dikenalkan pada teknologi sejak mereka mulai menunjukkan perhatian dan rasa ingin tahu dengan teknologi. Ada cara agar anak tidak ”gaptek” tanpa mereka perlu bersentuhan dengan pornografi
Yaitu, orangtua sebaiknya mengenalkan teknologi dengan menyinergikannya lewat hobi anak. Misalnya bila anak suka main play station (PS), upayakan agar software PS bisa dibuka di komputer. Tujuannya agar anak bisa belajar menghidupkan komputer, tetapi jangan sampai anak hanya tertuju pada PS saja.

Orangtua harus bisa mengarahkan anak, sehingga anak tidak hanya bisa bermain tapi juga punya kepedulian terhadap perangkatnya.

Alih-alih melarang anak menggunakan internet, lebih baik agar orangtua ikut masuk dan belajar menggunakan teknologi. "Anak-anak zaman sekarang lebih fasih dengan teknologi, karena itu seharusnya orangtua bisa menguasai semua yang dipegang anak-anak," paparnya. Itu sebabnya orangtua juga perlu belajar teknologi.

Bagi orangtua yang menguasai komputer dan multimedia, hal itu bisa dengan mudah diatasi. Bagaimana dengan orangtua yang tidak menguasai hal itu? Apakah orangtua perlu menunggui anak terus menerus selama mereka berselancar di dunia maya?
Bila ada waktu untuk menunggui anak, mengapa tidak? Namun, bila tidak memungkinkan, saat ini sudah banyak fasilitas kunci atau filter agar anak tidak masuk ke situs-situs yang tidak sesuai. Misalnya saja netnanny, cyber patrol, cybersitter, safekids, dan sebagainya.

Cara lain, orangtua sebaiknya memfasilitasi anak-anak dengan teknologi informasi di rumah. Jangan membiarkan anak ke luar rumah atau ke warnet karena kita tidak bisa mengontrol apa saja yang diaksesnya. Orangtua juga bisa mencari piranti lunak yang memungkinkan kita melacak situs apa saja yang sudah ditelusuri anak. Atau tinggalkan jejak alamat sebuah situs yang bersifat edukatif agar anak bisa ikut-ikutan mengakses.




2.3. DAMPAK POSITIF DAN DAMPAK NEGATIF DARI INTERNET

Kemajuan pada bidang teknologi setiap Bangsa berbeda-beda tergantung dari pandangan tiap-tiap masyarakatnya dalam memahami internet pada sekarang ini. Selain itu pengenalan internet kepada anak-anak sejak dini juga salah satu faktor yang mempengaruhi maju tidaknya suatu Bangsa di masa depan yang telah di paparkan di atas. Diperkirakan teknologi informasi ini semakin berkembang dan akan banyak di gunakan di masa depan. Berbagai macam ilmu pengetahuan yang berguna bagi perkembangan anak dapat di temukan di internet. Akan tetapi disisi lain setiap perkembangan teknologi tidak luput dari dampak negatifnya.

BERIKUT INI DAMPAK POSITIF DARI INTERNET
  • Memperkaya pengetahuan generasi muda bangsa dalam meningkatkan mutu dan kualitas bangsa itu sendiri di mata Dunia.
  • Ilmu Pengetahuan Anak akan semakin luas karena berbagai macam Ilmu Pengetahuan ada di Internet.
  • Anak bisa berkenalan dengan Anak lain yang berbeda wilayah dan Negara sehingga kemampuan berkomunikasi dengan bahasa lain juga menjadi hal yang patut di banggakan, dan lain-lain.
  • Memudahkan siswa ataupun anak dalam mengerjakan tugas maupun mencari materi pelajaran di sekolah.
  • Menjadikan anak tidak ketinggalan akan teknologi yang semakin berkembang dari hari ke hari.
DAMPAK NEGATIF DARI INTERNET

  • Terdapat situs-situs dan permainan yang dapat mengganggu perkembangan Si Anak seperti Pornografi, permainan yang berbau kekerasan dan lainnya.
  • Kecanduan pada dunia Komputer dan Internet yang juga dapat mempengaruhi perkembangan Si Anak.
  • Kurangnya sosialisasi dengan orang terdekat karena kesukaannya akan bermain Internet.


2.4. PENANGGULANGAN DAMPAK NEGATIF DARI INTERNET

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menanggulangi dan memperkecil dampak negatif internet bagi Perkembangan Anak:

  • Pihak Orang Tua

Orang tua harus memperkenalkan Internet secara langsung kepada anaknya bukan orang lain. Perkenalan meliputi manfaat berinternet, cara penanggulangannya, dll
Atur dan batasi waktu Anak untuk browsing.
Memasang software untuk mengeblok situs-situs berbau negatif seperti situs Pornografi, Kekerasan, dan lain-lain yang berpengaruh pada perkembangan si anak itu sendiri.
Memilih permainan yang sesuai dengan si Anak.

  • Pihak Sekolah

Memberikan arahan situs-situs yang nermanfaat dan juga menarik untuk pendidikan Si Anak.
Menasehati bahwa situs-situs negatif itu sangat merusak perkembangan si Anak secara langsung.
Mengatur dan memberikan hukuman (sanksi) yang tegas kepada siapa saja yang membuka situs-situsyang berbau negatif.

  • Pihak masyarakat

Penerintah,Lembaga teknologi, atau komunitas teknologi harus capat memberikan suatu solusi yang terbaik dalam penanggulangan dampak negatif yang akan mempengaruhi perkembangan Generasi Bangsa’
Sebaiknya penyedia usaha Warung Internet (Warnet) juga berperan aktif untuk mengurangi dampak negatif itu sendiri dengan cara memasang software pemblok situs-situs negatif dan memasang tempat browsing yang terbuka,tidak terlalu ditutup-tutupi.
Masyarakat juga sebaiknya membagi Warnet menjadi beberapa kelas, seperti warnet kelas dewasa dan warnet kelas remaja dan anak-anak.


BAB III
PENUTUP

1.1. KESIMPULAN

Dewasa ini pengetahuan akan dunia luar dan ilmu pengetahuan sangat di butuhkan dan menjadi kebutuhan yang mutlak. Maka dengan adanya internet akan mencerdaskan anak bangsa.
Internet sebagai sesuatu yang sangat di perlukan saat ini. Di media internet ini banyak sekali informasi yang bisa kita dapat dan materi pendidikan yang di perlukan oleh seorang siswa.
Di internet juga terdapat tempat-tempat yang menarik untuk di kunjungi bahkan di rancang untuk memberikan kepuasan rasa ingin tahu bagi siswa yang melakukan akses. Namun tetap dalam hal positif.

Sehingga internet memiliki beberapa manfaat dalam perkembangan potensi diri anak. Tetapi ada juga dampak negatif yang kemungkinan bisa dilihat oleh si anak. Maka dari itu perlu adanya perhatian dari orang tua yang menuntun anak agar tidak membuka situs yang tidak seharusnya dia buka. Dengan penanaman akhlak juga si anak akan merasa takut bila membuka situs-situs yang kurang baik.
Maka selamatkan anak bangsa dari dampak Negatif Internet dengan perhatian penuh.

2.2. SARAN

  1. Seharusnya sekolah – sekolah di Kabupaten Tulungagung dan seluruh Indonesia ini mengajarkan Internet dengan cara santai yang di iringi penanaman akhlak, budi pekerti, agar situs-situs seperti Pornografi tidak di buka.
  2. Agar pemerintah menemukan cara untuk menutup situs pornografi tersebut agar tidak bisa di buka sehingga Internet akan semakin di minati lebih dari sekarang oleh Masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar